Mengenal Simbol Ikan Koi dalam Feng Shui, Apa Saja Sih Maknanya?

Mengenal Simbol Ikan Koi dalam Feng Shui, Apa Saja Sih Maknanya?

 

Ketika kita membicarakan dekorasi rumah dalam feng shui, ikan koi adalah salah satu hewan yang kerap banyak disebut, baik sebagai hewan peliharaan maupun sebagai objek lukisan.

 

Disebut juga sebagai carp fish, ikan koi adalah jenis ikan air tawar yang kini banyak dikaitkan dengan kebudayaan asia seperti jepang dan Tiongkok.

 

Dalam feng shui, ikan koi yang memiliki warna yang berbeda maknanya sendiri dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan, Oleh sebab itu, tidak heran hewan yang satu ini juga banyak digunakan buat dekorasi rumah.

 

Ingin tahu apa saja sih makna ikan koi dalam feng shui dan cara menggunakan simbol ikan koi di rumah? Inilah Penjelasannya.

 

Legenda Ikan Koi

Walaupun namanya koi ini berasal dari jepang, ikan ini juga banyak digunakan dalam legenda rakyat Tiongkok. Mengutip The Spruce, salah satu legenda yang paling terkenal adalah kisah ikan koi ajaib yang mampu berenang melawan arus air.

 

Dari dalam legenda ini, si ikan koi juga bisa berenang melawan arus air Yellow River atau Sungai yangtze ke arah pegunungan, sehingga mencapai air terjun yang bernama Dragon’s Gate atau Gerbang Naga.

 

Ketika ikan koi berhasil melewati Gerbang Naga, maka bertransformasi jadi seekor naga, hewan yang dianggap sakral dalam kebudayaan Tiongkok.

 

Dari kisah tersebut, ikan koi menjadi lambang kekuatan dan keberanian dalam menghadapi berbagai macam rintangan dalam hidup. Selain itu juga, ikan koi juga melambangkan perubahan arah ke yang lebih baik.

 

Makna Ikan Koi Menurut Feng Shui

Seperti yang sudah disebutkan tadi diatas, simbol ikan koi melambangkan kekuatan, keberanian, dan perubahan yang baik.

 

Dilansir Love to Know, ada pula sebagian karakteristik atau makna dari simbol ikan koi, misalnya kesuksesan, ambisi, keberuntungan, sampai kemakmuran.

 

Di Dalam feng shui, kedua gambar yang membentuk simbol yin dan yang disebut melambangkan dua ekor ikan koi. Jadi, sama dengan yin dan yang, ikan koi kadang dikaitkan dengan keseimbangan antara energi positif dan negatif.

 

Cara Menggunakan Simbol Ikan Koi

Dari salah satu cara termudah menghadirkan elemen ikan koi ke dalam rumah kalian adalah dengan memelihara ikan koi di kolam.

 

Dengan memelihara ikan koi di rumah, kalian bisa menonton pergerakan ikan koi pada saat berenang dari sisi atas. Kombinasi antara yang berbeda warna ikan koi dan gerakannya yang cantik bisa membuat kolam ikan kalian terlihat sangat menarik.

 

Tapi, Jika kalian tidak ingin berkomitmen dengan memelihara ikan, ada banyak sekali cara lain buat menghadirkan ikan yang satu ini ke rumah kalian.

 

Itulah penjelasan terkait makna simbol ikan koi menurut feng shui. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat buat kalian semua yang membaca artikel ini.

Comments

Popular posts from this blog

Faktor Yang Membuat Domba Dorper Wajib Dimiliki - Jual Domba Dorper indonesia

Pengertian Content Marketing dan Mengapa Content Marketing itu Penting?